Jumat, 19 Juni 2009

Pengalaman operasi hidrokel sikecil

di tahun 2005  saya melahirkan putra pertama kami,,   perkembangan demi perkembangan yang dilewati serasa begitu cepat,, dan di desember 2008 sebuah penyakit bawaan yang tak terduga menimpa anak saya,, saat ini begitu syok dan kurangnya informasi membuat saya sangat tertekan,, anak saya divonis hidrokel dan disuruh segera operasi, mengingat usianya yang sangat dini karena baru menginjak 3 tahunan harus menghadapi pembedahan,, dan harus di bius total sungguh teriris sekali dan jalan satu2 nya adalah Operasi,,

setelah konsultasi ke 4 dokter dirumah sakit yang berbeda-beda, akhirnya saya dan suami mengambil keputusan untuk operasi,, karena saran dokter itulah jalan terbaik karena (maaf) testisnya udah gede sebelah,, di tanggal 17 desember 2008 akhirnya operasi dilakukan di rumah sakit PIM dan sekalian di sirkumsisi,,

sebelum menjalani operasi dimana sikecil harus berpuasa selama 6 jam dan menjalani sejumlah tes dari pemeriksaan urin, darah dan radiologi,, ,,   jadwal operasinya jam 2 siang,, ternyata dokternya kejebak kemacetan dan setelah jam 3.30 akhirnya dokternya tiba, operasi  diundur sampai jam 4,, saat-saat yang menegangkan karna sebentar lagi sikecil akan didorong masuk ke kamar operasi yang rasanya begitu menakutkan,, waktu itu saya lagi hamil anak kedua memasuki usia 6 bulan,

waktunya masuk keruang operasi,, karna saya hamil jadi ayahnya yang dampingi sikecil untuk dibius ,, wajahnya yang polos masih begitu tenang dan sambil melambaikan tangannya diarahku,,  begitu beraninya ( dalam hatiku,, karena sebelumnya saya udah jelasin mau menjalani operasi dan sunat ) saya diluar sambil berdoa,, ayahnya keluar dari kamar operasi dan menyatakan sikecil sudah tertidur pulas setelah meniupkan balon,,

waktu demi waktu,, tik tik tik,,  jam sudah menyatakan pukul 5 masih belom ada kabar dari perawat,,  tik tik tik waktu pukul 5.30,, dengan inisiatif sendiri saya masuk keruangan perawat dan menanyakan operasi gimana??  ternyata sudah selesai dan masih diobservasi,, pukul  6 sore akhirnya sikecil didorong keluar dan dipindahkan keruang nginap,,  sikecil masih sempoyongan karena obat bius,, tetapi begitu tenangnya anak ini,, tidak ada keluhan apapun,, dan setelah sadar dia merenggek pipa yang ada ditangannya,, karna mesti di infus,, dia minta di cabut, setelah di jelasin itu adalah obat supaya cepat pulih,, dia tenang kembali,,

dan suster datang untuk mencheck keadaan sikecil dan keadaanya stabil,,, dan boleh dikasih susu,,  pagi hari sikecil mulai minum susu,, dan menanggis bagian tit tit ( penis ) nya sakit  karna disunat,,  siang harinya sudah boleh pulang kerumah,,

akhirnya terlewati juga,, fiuh,,,, plong rasanya didada,,,  dan perkembangan sehari2nya sikecil sangat sehat,,

21 komentar:

  1. Mohon share pengalamannya dong Bu...Dwisugi 081703393793

    BalasHapus
  2. hi bu, terima kasih atas sharing nya....kalau boleh tau, apa setelah operasi itu, hidrokel/cairan dalam testis nya benar2 hilang layaknya anak normal? terima kasih.

    BalasHapus
  3. Maaf bun kalo boleh tau ada efek nya gak operasi hidrokel sekaligus sunat..apa tidak berpengaruh dengan luka operasi.soalnya anak saya pun d vonis sama seperti itu...apa tidak menambah sakit si kecil jika sekaligus d sunat.??
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi bunda myank artha, bantu jawab ya bun. InsyaALLAOH gak ada efeknya bun, krn lokasi tindakan operasi hidrokel dengan sunat berbeda. Klo operasi hidrokel anak (hidrokel komunikans) tindakan nya berupa sayatan di bawah perut sebelah kanan/kiri tergantung letak hidrokelnya. Panjang sayatan sekitar 2-4 cm, tujuannya untuk mengikat saluran yg menghubungkan rongga perut k kantong hidrokel di skrotum. Di harapkan setelah di ikat air dlm rongga perut tidak masuk k kantong hidrokel. Klo masalah sakitnya kayakny masih sakitan pasca sunat nya ya bun. Krn sy pernah baca pengalaman salah satu bunda yg anakny pasca operasi hidrokel (no sunat) sehari setelah operasi anakny dah bisa lari2an n maen bola.
      Emank dokter biasany nyaranin langsung sunat, mungkin maksudny sekali bius bisa langsung 2 tindakan. Tpi jika bunda tidak berkenan, bisa konsul k dokternya.
      Ini anak sy jg hidrokel bawaan dri lahir, skrng usia 4 tahun. Tpi sy blm berani ambil tindakan operasi, mengingat si anak punya trauma di RS krn pernah di opname n sy sendiri jg gak tega masih kecil udh di operasi. Mungkin nunggu si anak usia 5 taon ke atas klo hidrokelny emank blm sembuh, bru mempertimbangkan u/ operasi. Jdi selama ni sy hanya konsul k DSA n cari2 info k teman perawat yg kebetulan pernah jdi asisten operasi hidrokel anak.

      Hapus
  4. Mom...help....operasi hidrokel, brp duit?

    BalasHapus
  5. Hai mom, kebetulan anak saya kmren baru operasi hidrokel tgl 19 juli 2017, total biaya operasinya hampir 14jt, nginep 2malem, utk biaya lain2 sebelum operasi ada test darah segala macem blom termasuk, tergantung RS nya jg si mom.

    BalasHapus
  6. minggu krmarin anak sya oprsi hidrokel habis 10jt 3hari 2 mlm . di rs imanuel bandung

    BalasHapus
  7. Hai bun.. sy jg ingin tanya.. anak sy skrg 2th 3bln, diagnosa DSA hidrokel
    . Br td pg testis kanan ny bengkak
    . Sy lngns bw ke DSA.. di ksh rujukan ke bagian urologi utk di usg.
    Tp sy blm usg.. tunggu 3 hr an siapa tau kempes y.. bs kempes ga ya bun? Apa bs kl emang hrs operasi, tp ntar aj tunggu gede an.. mksh bunda2

    BalasHapus
  8. Anak saya juga baru hari ini di diagnosa hidrocel karna baru ketahuan skrg. Besar sebelah scrotum nya . Hari senin ini saya disuru ke rumah sakit untuk periksa ke dr anak apakah tindakan lanjutan nya. Karna tadi saya periksa nya ke dr umum . Anak saya aktif2 aja tidak merasa sakit atau nangis . Saya dikasi tau dr . Harus jalan oprasi . Tapu saya mau observasi keadaan anak saya dahulu . 1sampay 7 hari . Bila masi sama seperti ini . Kemungkinan ambil jalan oprasi . Tapi saya berharap tidak harus di oprasi karna anak saya baru berusia 3 tahun

    BalasHapus
  9. Anak saya hari ini operasi hydrocele biaya kisaran 7-8juta untuk 2hari 3malam saya domisili ponorogo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keadaannya gmn skrg bun? Apa sdh aktif lg anaknya.? Anak sy juga rencana mau op, usia 5th 5bln

      Hapus
    2. Bun anak sy dulu jg pernah oprasi hidrokel di RS Cipto thn 2004,wktu itu usianya br 3 thn,tp setelah oprasi hr itu jg di perbolehkan plng,Alhamdulilah smpe skrang anak sy sehat dan ga ada keluhan apa2 dan normal,skrang usianya udh 18 thn.Dan bunda ada satu masalah lg terhadap anak perempuan sy,usianya 5 thn 2 bln,di kelamin sebelah kanan jg ada benjolan. kadang ada kadang hilang,sy bingung apakah hernia atau hidrokel,tlng bunda ada yg th ga ya atau saran,trkmakasih Bunda...

      Hapus
    3. Klo kadang muncul kdang hilang...kykny hernia bu...di vek ke dokter bedah aja

      Hapus
  10. minta doanya yaa bun
    anak saya mau operasi hidrocele di rs mh.thamrin

    BalasHapus
  11. Para bunda ?apa ada yang domisili di kota blitar (jatim) ya?
    Kalau ada,kira2 brp ya biaya oprasi hidrokel di daerah blitar?
    Anak sy di diagnosis hidrokel sejak lahir.skarang baru berumur 2 bln.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak sy jg hidrokel rencana operasi besok hr Senin tgl 11 Maret, usia anak sy 5 thn 5 bln. Menurut DBA klo masih usia 2 bln sebaikx menunggu smpai usia 2 thn, krn biasax hidrokel akan hilang sendiri. Seperti ponakan sy.

      Hapus
  12. Hallo bun anak saya umur 2 bln 15 hari juga hidrokel .kata bunda2 yg lain,tunggu sampai usia 1thun ktanya hidrokelnya bisa hilang sendirinya.apa benar bun? Mohon infonya terima kasih

    BalasHapus
  13. Bun..bagi info pasca operasinya..ank saya usia 6th 4bln ktwan ada hidrocell pada bulan desember 18 kmrn..dokter nyaranin sgera operasi..tp suami cb googling obat herbal..tp ttp besar sebelah testisnya..sbg ibu saya mulai bpkr kl operasi jln satu2nya..hr ne saya mw temui dokter ntk netapin jadwal operasinya ud ampir masuk 3 bln dr konsul trakhr..bisa sharing gk..butuh brp lama masa recovery si kecil? Sakit bgt gk bgi si kecil? Trs ad kmgknan bengkak lagi gk? Terima kasih infonya..bantu yaa infonya..

    BalasHapus
  14. siang semua.anak saya usia 2 tahun 6 bulan.wkt lahir memank agak gede sblh kanan.tapi sdh w hri kmrn bengkak.sy ke dokter anak ktnya adanya cairan.klo belum hilang juga harus dioperasi.dan dia juga ada fimosis juga yg mengharuskan disunat.apakah tidak ada obat herbal tanpa operasi?mhon sarannya.thx

    BalasHapus
  15. Maaf bu klw untuk biyaya operasi hidrokel brpa? Anak saya juga hidrokel harus segera di operasi. Pake bpjs nunggu lama.

    BalasHapus